Menguak Misteri Bigfoot Di Game GTA SA


   Di dalam dunia GTA SA, ada sebuah kisah legenda yang bukan cuman didengar oleh sebagian masyarakat disini saja, namun para pemain game ini juga ingin mengetahui mengenai kabar keaslian dari sang legenda tersebut. Yap, dialah Bigfoot. Makhluk primata yang amat sangat populer di dunia GTA SA pada jamannya. Rata-rata orang pernah mendengar kabar mengenai adanya Bigfoot. Namun hampir tidak ada satupun yang pernah bisa melihatnya dengan mata kepala mereka sendiri.

Bigfoot adalah cikal bakal dari adanya myth hunter pada dunia GTA Series ini. Lantas mengapa mahkluk ini begitu sangat melegenda? Pada waktu itu, ada sebuah diskusi yang sangat panjang yang membahas mengenai Easter Egg pada game ini. Namun tiba disuatu topik ketika ada seseorang yang membahas mengenai adanya penampakan sesosok makhluk primata ini yang diduga olehnya merupakan Easter Egg. Namun yang namanya Easter Egg, pasti semua orang dapat melihatnya dengan jelas. Tapi mengapa hanya dia yang dapat melihat penampakan tersebut. Dari sini mulai adanya sebuah topik yang sangat hangat mengenai adanya sebuah misteri pada sebuah game GTA SA. Waktu demi waktu, tidak sedikit dari player GTA SA yang mencari mengenai keberadaanya. Hanya segelintir dari mereka yang benar-benar melihat mengenai penampakannya. Dan sisanya? mereka masih mencari keberadaanya.



Hingga suatu hari, dimana mitos dan legenda ini menyebar luas hingga terdengar oleh beberapa orang yang berperan penting di dalam game ini, yaitu Developernya. Disaat itu salah satu tim Developernya akhirnya angkat bicara mengenai hal ini. Dia mengatakan bahwa "chance dari para player untuk melihat Bigfoot amat teramat sangat kecil sekali, namun kalian akan dapat melihatnya di sekitar area hutan". Mengenai hal tersebut tentu membuat para player pada game ini terus mencarinya hingga ke akar-akarnya. Hingga pada saat disebuah titik dimana banyak dari player yang menanyakan hal ini di setiap situs mereka hingga ada yang rela meng-email mereka. Dan disini, salah satu CEO dari Rockstar alias si pembuat game ini akhirnya mengumumkan mengenai makhluk primata ini. Dia mengatakan bahwa "We did put a Bigfoot in the game but we later remove it. However there may still be elements left in the game that we thought we had removed previosly" yang artinya adalah kami dulu memang memberikan Easter Egg Bigfoot tersebut ke dalam gamenya, namun kami menghapusnya dari game tersebut tanpa menghilangkan elemen-elemen penting yang ada pada gamenya.

Kata dari "elemen penting" tersebut sampai sekarang yang menjadi incaran dari para pemain di GTA SA. Karena pertanyaan mereka hingga sekarang ialah, apakah memang ada Bigfoot di dalam game ini. Tidak adanya jawaban yang pasti dari Developer yang membuat hal ini menjadi sangat misterius bagi para player pada game ini. Tentu hal tersebut tidak berhenti sampai disitu. Banyak dari para player yang bahkan sudah sekian lamanya mencari mahkluk besar satu ini. Hingga dia akhirnya memberikan sebuah petunjuk yang nantinya akan mengantarkan kalian kepada mahkluk primata tersebut.

Banyak orang percaya bahwa Bigfoot dapat ditemukan di lokasi ini:



Lokasi ini merupakan lokasi yang didapat dari sebuah petunjuk yang berasal dari seseorang player yang sudah pernah menemukannya. Bukan hanya lokasinya saja yang mereka dapatkan dari hasil petunjuk-petunjuk tersebut, namun adanya "elemen" yang dikatakan Developer tadi ternyata juga dapat ditemukan di sekitaran area ini. Seperti contohnya ialah jejak kaki dari Bigfoot yang dapat terlihat jelas bila kalian melihatnya dari atas ketinggian.



Dan adanya sebuah Goa yang dibuat sedimikian rupa, tanpa adanya alasan yang jelas juga menandakan bahwa itu adalah salah satu jejak peninggalan Bigfoot semasa dia masih berada didalam game ini.



Tidak sampai disitu, banyaknya teori mengenai Bigfoot pada game ini membuat banyak orang membuat teori berpikir mereka sendiri. Seperti halnya jejak peninggalan Bigfoot yang ternyata tidak cuman berada di lokasi Mount Chilliad saja,namun rupanya juga tersebar di berbagai tempat pada area pedesaan dan hutan pada game ini. 



Hingga mereka mengatakan bahwa ternyata Map pada game ini merupakan salah satunya. Mereka melihat bahwa area di sekitaran Back O Beyond merupakan bekas dari jejak Bigfoot. Mereka berani mengatakan hal demikian dikarenakan adanya kesamaan antara map tersebut dengan jejak kaki Bigfoot pada area sekitaran lokasi Back O Beyond.



Dan juga mengenai sebuah gambar penampakan Bigfoot di Google, juga membuat banyaknya orang berspekulasi bahwa Developer terinspirasi dalam pembuatan banyaknya konten yang ada pada game ini. Seperti layaknya sebuah lampu lalu lintas pada pejalan kaki. Yang bila mana lampu pejalan kaki tersebut berwarna hijau, maka akan terlihat disana penampakan sebuah Bigfoot tersebut.



Spekulasi yang selanjutnya ialah bentuk dari seluruh tempat di area Countryside. Yang rupanya juga merupakan bentuk dari foto Bigfoot itu sendiri. Kalian hanya bisa melihatnya bila kalian membuat perbandingan antara kedua gambar tersebut hingga menjadi seperti ini.




Seperti yang kita ketahui bahwa Developer sebenernya tidak akan berpikir sejauh itu hanya untuk membuat referensi dari Bigfoot itu sendiri. Adanya jejak kaki pada lokasi Mount Chilliad saja sudah cukup bagi kita semua untuk mengetahui bahwa Bigfoot sebenarnya ada pada game ini. Namun untuk konspirasi mengenai hal-hal tadi sepertinya tidak akan masuk akal.

Adanya pemburu dari Bigfoot tersebut rupanya membuat Developer ini semakin giat dalam membuat sebuah koneksi antara produk gamenya yang lain dengan game GTA SA. Kalian bisa mengetahui referensi dari Bigfoot tersebut pada sebuah game Red Dead Redemtion. Ternyata game ini juga dibuat sebagai sebuah petunjuk dalam pencarian misteri Bigfoot pada game GTA SA. Pada game Red Dead Redemption, akan ada sebuah makhkluk yang bernama Sasquatch atau yang lebih akrab juga dipanggil Bigfoot ini. Namun bedanya, kita benar-benar dapat menemukannya. Namun menariknya, ada sebuah Achivement bilamana kalian berhasil memburu atau membunuh salah satu Sasquatch ini, maka kalian akan mendapatkan sebuah Achivement yang bertuliskan "Six Year In The Making". Kalian dapat memahami bahwa ini merupakan salah satu referensi dari GTA SA yang dimana perbandingan antara pembuatan game Red Dead Redemption dengan GTA SA ialah 6 tahun. Lalu ada lagi yang jauh lebih menarik, pada game Red Dead Redemption yang dirilis dalam bahasa perancis, Achivement yang akan kalian dapatkan ketika kalian membunuh salah satu Sasquatch tersebut ialah "Plus la peine de chercher, CJ" atau dalam Translatenya ialah "No need to seek it anymore, CJ". Bagaimana mungkin Developer ini membuatnya hanya secara kebetulan saja, pasti ada sebuah maksud tertentu.



Mengenai banyaknya rumor yang mengatakan bahwa mereka tidak cuman pernah sekali melihat Bigfoot pada versi awalnya saja, namun mereka juga melihatnya pada versi GTA SA yang sekarang. Bukankah hal ini membuat mitos yang satu ini menjadi semakin misterius. Namun rupanya rumor mengenai penampakan Bigfoot tersebut baru terdengar disaat adanya community yang membahas mengenai Easter Egg. Dan juga pada tahun-tahun tersebut, GTA SA sedang berada pada masa dimana banyak Mod tersebar di ranah internet. Lalu bila Mod tersebut merupakan kepalsuan saja, mengapa masih ada yang menganggap makhluk ini merupakan makhluk asli tanpa Mod yang padahal Developernya sudah mengatakan bahwa mereka sudah menghapusnya dari game?

Sebenernya ini merupakan pembahasan yang menarik dan agak serius untuk gua. Ada beberapa alasan yang gua tangkap demi membuat misteri yang satu ini mendapatkan titik terangnya. Kalian yang pernah menginstal Mod Bigfoot pada game ini, akan mendapakan file-file dari Mod tersebut yang berupa misinya,lokasinya,hingga file model dari Bigfoot itu sendiri. Bigfoot membutuhkan sebuah Triggered atau pelatuk yang dimana dia dapat muncul secara tertata dengan rapih didalam Mod ini. Untuk itu, sang Modder menambahkan pelatuk tersebut kedalam sebuah misi yang dapat dijalankan oleh player agar mereka melihat penampakan dari Bigfoot secara jelas dan terkendali. 



Namun permasalahannya ialah, apa yang akan terjadi bila kalian menghapus file penjalan misi tersebut lalu file dari model Bigfoot ini masih ada pada gamenya? Well Mod dari Bigfoot tersebut tidak akan berjalan dengan mulus dan tidak akan pernah muncul sesuai yang kita inginkan. Namun pertanyaan besarnya ialah, apakah file yang tadi gua katakan pelatuk tersebut juga dapat muncul secara tiba-tiba bila file misinya dihapus? Jika memang benar file data dari pelatuk untuk memunculkan Bigfoot tersebut tetap bisa dijalankan, maka Bigfoot tetap akan muncul walau situasi munculnya tidak rapih dan juga sangat jarang dan random karena kita tidak memilki lokasi yang pasti.

Ada kemungkinan orang-orang yang mempunyai game GTA SA yang sudah terinstal Mod tersebut, meng-copy satu folder GTA SA penuh mereka yang isi dari file gamenya masih memiliki file Bigfoot tanpa misi tersebut kedalam ranah internet. Sehingga ketika orang-orang polos yang mendownloadnya dan tidak mengetahui bahwa didalam file tersebut berisi file model dari Bigfoot dan pelatuknya. Maka orang tersebut akan mengatakan dengan sangat yakin bahwa mereka menemukan Bigfoot asli tanpa Mod. Apakah kalian merupakan salah satunya?



Hingga pada akhirnya dari semua konspirasi dari misteri ini, salah satu juru bicara Rockstar akhirnya angkat bicara mengenai respon dari para player mengenai pencarian Bigfoot pada game ini. Dia mengatakan bahwa "Elemen pada game ini yang tidak kami hilangkan hanyalah berupa lokasi dan jejak pada beberapa tempat ini saja, namun untuk penampakan dari Bigfoot itu sendiri, kami sudah lama menghilangkannya bahkan sebelum rilisnya Beta Version pada game ini".

Jika semua hal tersebut sudah terdengar jelas oleh kalian, maka tidak ada lagi yang namanya Bigfoot pada game GTA SA. Bahkan Developernya sudah sejak lama menghilangkannya. 



Comments