Misteri Leatherface Pada Game GTA SA



   Mungkin misteri yang satu ini terbilang sangat dikenal di kalangan para pemainnya, khususnya para pencari misteri yang sudah sejak lama berada di komunitas pada game ini. Dialah Leatherface, salah satu mitos yang melegenda dari sekian banyaknya misteri pada game ini. Leatherface merupakan salah satu karakter fenomenal yang berada pada sebuah film series. Film yang gua maksud disini ialah The Texas Chainsaw Massacre. Lantas mengapa banyak orang yang mengatakan bahwa sosok Leatherface itu nyata pada game ini? Mungkin cerita ini juga termasuk sama menariknya dengan misteri-misteri yang pernah gua bahas pada pemabahasan sebelumnya. Akan gua ceritakan bagaimana para pemain GTA SA pada saat itu mengetahui hingga mempercayai hal tersebut.

Pada jamannya disaat game ini masih sering dimainkan pada versi PS 2, ada beberapa orang yang sudah mulai menceritakan kejadian aneh yang mereka alami disaat player mereka menelusuri area-area yang tidak terjamak oleh orang. Tidak ada yang tau cerita ini bermulai dari siapa, namun orang tersebut meyakini bahwa game GTA SA ini sebenernya memiliki semacam mitos yang dapat dilihat penampakannya. Walau penampakannya tersebut terbilang sangat sulit untuk dilihat dengan kasat mata. Mitos yang menyebar ini salah satunya ialah mitos dari Leatherface. Hingga cerita ini akhirnya menyebar sampai tiba di telinga para pemain lain yang menelusuri hal tersebut di ranah internet. Dari sinilah, mereka mulai membuat sebuah konspirasi. Hingga pada akhirnya, beberapa pemain mulai menciptakan komunitasnya masing-masing guna membahas mitos tersebut.\


Tidak ada yang tau darimana asalnya teori konspirasi mereka, namun cerita-cerita tersebut terdengar seperti dapat dipercaya. Hal inilah yang membuat GTA SA melahirkan kisah baru dalam dunia gamenya. Beberapa teori konspirasi hingga cocoklogi yang mereka katakan rupanya yang membuat pembahasan kita saat ini semakin menarik. Dan mengenai pembahasan kita yang masih berfokus kepada teori dari Leatherface ini, rupanya memiliki sebuah tahapan hanya untuk dipercaya oleh orang-orang yang mau mendengarnya. Secara ajaibnya, mereka dapat menghubungkan atau mengkoneksikan berbagai macam hal yang ada di dalam game ini berdasarkan teori mereka. Jadi berikut akan gua jelaskan beberapa teori mereka yang dapat meyakinkan kita semua bahwa adanya Leatherface pada game ini.

Pertama-tama yaitu adalah lokasi dari Leatherface. Yaitu sebuah lokasi yang terbilang angker di daerah pinggiran hutan yang dimana disana dibuat sebagai tempat penebangan kayu. Lokasi ini sebenernya cukup familiar, karena sudah pernah digunakan oleh game ini sebagai lokasi balap liar melawan Wu Zi Mu. Mengenai sejarah dari tempat ini, sebenernya memang benar bahwa tempat ini terbilang cukup angker. Berdasarkan cerita dari sumber official GTA SA, tempat ini dulu memang sempat beroperasi dan hingga akhirnya tempat ini di tutup tanpa alasan yang jelas. 


Pada lokasi ini terdapat sebuah hal menarik yang mampu menguatkan bukti-bukti dari adanya kehadiran Leatherface. Yaitu lokasi penebangan kayu yang sangat familiar dengan sebuah gergaji mesin yang digunakan oleh Leatherface ketika dia melakukan aksinya. Lalu sebuah pohon-pohon di sekitar lokasi ini yang diduga ditebang dengan cara yang tidak lazim. Dan yang terakhir yang paling menggemparkan ialah, adanya bercak darah di setiap kabin yang ada di area ini. Mereka percaya bahwa tempat ini merupakan cikal bakal dari adanya mitos Leatherface. Setiap kalian berada di daerah ini, apakah kalian merasakan suasana yang tidak seperti biasanya dalam memainkan GTA SA? Itulah sebabnya banyak orang yang mengatakan bahwa tempat ini merupakan tempat yang terbilang mistis.


Yang kedua yaitu sebuah mobil ditengah hutan yang biasa kita sebut sebagai Ghost Car. Mobil ini diduga kuat merupakan mobil yang mereferensikan satu scene pada film "The Texas Chainsaw Massacre". Ada satu scene dalam film tersebut yang menceritakan mengenai sebuah legenda dari sosok Leatherface yang memburu korbannya hingga membawa mobil dari korban tersebut ke tengah hutan. Jika memang pada game ini menceritakan mengenai korbannya yang diburu oleh sosok pembunuh yang sama seperti pada filmnya, apakah benar mobil ini juga merupakan jejak dari aksi Leatherface?


Yang ketiga ialah sebuah tempat yang bernama Fisher Lagoon. Ada sebuah teori bahwa tempat ini merupakan lokasi dimana Leatherface tinggal. Teori ini muncul dari adanya kursi roda dan juga sebuah gubuk tua yang dinilai sangat mencekam. Alasan ini menguat karena tempat ini seperti layaknya dikucilkan dari perumahan warga di sekitar sini. Konon katanya bila anda berada di sini dan menunggunya hingga tengah malam, maka ada sebuah kabut yang menyelimuti daerah ini dan sosok Leatherface tersebut akan menghampiri anda dari ujung jembatan tadi. 


Dan dari adanya semua teori tersebut, banyak dari mereka yang mulai mencoba untuk menelusurinya. Ada yang mulai membuktikannya bahwa dia  melihat sosok penampakan Leatherface, hingga mendengar adanya suara horror pada lokasi penebangan kayu tadi. Mereka sangat yakin bahwa mereka mendengar suara gergaji mesin pada tengah malam di tempat penebangan kayu. Ada juga yang berkomentar bahwa ketika dia mencoba untuk menelusuri lokasi penebangan kayu tadi pada tengah malam, dia mencoba untuk berdiam diri atau melakukan AFK pada lokasi ini hingga berjam-jam di dunia nyatanya. Ketika dia meninggalkan gamenya dan kembali ke gamenya lagi, dia sontak terkaget karena player dari game ini sudah berada di rumah sakit. Apakah dia terbunuh oleh sosok pembunuh tersebut?



Semua teori mengenai sosok Leatherface pada game ini sebenernya bisa saja gua patahkan dengan adanya bukti-bukti nyata yang sudah gua pegang. Nah jadi, mari kita patahkan satu-persatu teori mereka.

Mengenai lokasi penebangan kayu yang barusan kita bahas, rupanya memang tempat ini sudah lama ditinggalkan oleh para pekerjanya. Namun bukan berarti kalian dapat menyangka bahwa tempat ini menjadi sebuah tempat mistis. Kita ambil contohnya yaitu pada pohon-pohon yang sudah ditebang pada area ini. Adanya pohon yang ditebang secara tidak lazim merupakan salah satu teori konspirasi mereka. Namun kenyataanya bahwa pada misi di game ini, kalian dapat melihat bahwa tempat ini digunakan untuk aktivitas illegal, yaitu balap liar. Maka dari itu, pohon di sekitar sini dibuat sedemikian rupa guna membuat lokasi ini terkesan sepi dari penduduk saja alias sudah lama ditingggalkan.


Dan persoalan mengenai kabin di sekitar area ini yang dilantainya terlihat noda darah yang berceceran, merupakan kesalah pahaman dari texture kayu pada game ini. Texture tersebut merupakan sebuah bercak-bercak kayu yang sebenernya ingin terlihat seperti layaknya kabin yang sudah lama tidak dirawat. Namun karena kurangnya lighting dan pewarnaan yang tepat pada texture ini yang membuatnya terlihat seperti bercak darah.



Selanjutnya mengenai teori adanya suara horror yang terdengar pada tengah malam, atau yang lebih tepatnya ialah suara gergaji mesin pada area ini. Ada kemungkinan player yang mendengarnya, hanya sedang berhalusinasi saja. Sebenernya efek dari ketakutan yang berlebih dari manusia lah yang membuat player tersebut membayangkan bahwa mereka mendengar sebuah objek yang mereka cari. Itulah mengapa mereka mengaku mendengar suara tersebut. Bahkan Developer dari game ini meng-klaim bahwa dia tidak pernah sama sekali memasukan file suara tersebut kedalam area ini.


Dan persoalan teori mengenai rumah peristirahatan Leatherface hanyalah sebuah omong kosong saja. Dalam pembahasan atau sebuah info dari official GTA SA, menjelaskan bahwa tempat ini merupakan tempat pembuangan limbah pabrik. Tempat ini memang terlihat seperti ada penghuninya, namun hal itu tentu bukanlah sosok dari Leatherface. Dan mengenai kursi roda di ujung jembatan? Itu hanyalah sebuah pelengkap saja agar kalian mengira tempat ini benar-benar sudah dianggap lokasi pembuangan.


Yang terakhir ialah teori mengenai keberadaan Ghost Car atau mobil hantu pada game ini yang terkoneksi ke Leatherface. Pada pembahasan sebelumnya gua sudah menjelaskan bahwa ini hanyalah sebuah Easter Egg saja yang dimana kalian dapat menemukan mobil rongsokan di tengah hutan. Bahkan kalian juga dapat menemukan mobil ini di area seperti pinggir jalan, pedesaan dan juga padang pasir. Apakah kalian masih yakin kalo Leatherface menjamak wilayah padang pasir?


Setelah dipikir begitu panjang mengenai diskusi antara benar atau tidaknya mengenai sosok Leatherface ini, yang bisa gua berikan kepada kalian hanyalah beberapa kata yang nantinya akan mengakhiri pembahasan ini. Yep, Leatherface hanyalah sebuah khayalan saja.

Comments

Post a Comment